Minggu, 08 November 2015

Pendataan dan Validasi 8355 di SMPN 267 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building (CB) bersama Teach For Indonesia (TFI)

1. Bagian Awal

 Pendataan dan Validasi 8355 di SMPN 267 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building (CB) bersama Teach For Indonesia (TFI)






Kelas                                : LF53                  
Dosen                               : RINA PATRIANA CHAIRIYANI, S.S., AA
Kode Dosen            ,         : D1812  
Tanggal                            : Rabu, 4 November 2015
Waktu                               : 08.00 - Selesai
Lokasi                               : SMPN 267 Jakarta Selatan
PIC  Sekolah                     : Ibu Meisyafora S, Pd (pihak sekolah) dan Nadya Aristia (kelompok)

                       
Tim yang hadir

Ketua Kelompok              : Nadya Aristia Limaatmaja 1701317282
Anggota Kelompok          :

1. Asti Wulandari 1701333960
2. Sindy Jessica Dior 1701356062
3. Sela Gloria Christie 1701315661
4. Vanessa Riri 1701315730
5. Natty Regalia P.Z. 1701339075



1.1 Dari kiri ke kanan (Natty, Sela, Vanesa, Bapak kepala sekolah, Ibu Meisyafora, Nadya, Sindy, Asti)

  2. Bagian Isi

a.   Teori Character Building yang telah diajarkan di kelas yang bisa kita terapkan adalah Teori - teori Etika. Di dalam teori etika terdapat beberapa prinsip normatif, salah satunya adalah prinsip melakukan yang baik ( the principle of beneficence ). Kenapa kita menerapkan prinsip ini? Karena, prinsip ini tidak hanya diwujudkan secara minimal dengan tidak melakukan atau menghindarkan perbuatan jahat, tetapi juga secara positif melakukan dan mengusahakan perbuatan yang baik, seperti membantu pemerintah dalam melakukan evaluasi data dari program Kartu Jakarta Pintar (KJP). 


b.          Sesuai dengan janji yang telah disepakati sebelumnya, kami mengadakan pertemuan yang kedua ke SMPN 267 Jakarta yang terletak di Jakarta Selatan. Kami tiba di sekolah pada pukul 08.00 pagi. Sama seperti sebelumnya, kami disambut dengan baik oleh pihak sekolah SMPN 267 Jakarta. Pada hari itu, kami tidak sempat bertemu dengan kepala sekolah SMPN 267 karena beliau sedang berhalangan hadir. Lantas, kami langsung dipertemukan dengan perwakilan sekolah yaitu Ibu Mesyafora di ruangan wakil kepala sekolah. Di sanalah tempat kami melakukan validasi 8355.


       Dalam proses validasi 8355, kami mencocokkan satu persatu data siswa SMPN 267 yang telah kita terima dari TFI dengan data yang ada di sekolah. Alhasil, kami menemukan beberapa data anak yang tidak sesuai. Ada beberapa data yang tidak ada di sekolah, namun ada di Dinas. Sebaliknya, adapula data anak yang tidak ada di Dinas, namun ada di sekolah. Karena adanya hal ini, kami langsung menanyakan ke pihak sekolah mengenai data anak yang tidak cocok ini. Pihak sekolah langsung memeriksa data anak-anak ini ke kantor TU. Setelah menunggu beberapa lama, kami akhirnya diberi kabar bahwa anak-anak tersebut sudah tidak lagi bersekolah di SMPN 267 (pindah sekolah). Namun ada juga anak yang setelah melakukan pendaftaran ulang, tidak mengumpulkan berkas-berkas yang diperlukan sehingga data mereka tidak tercatat di Dinas Pendidikan.







Setelah kami melakukan verifikasi 8355, berikut adalah hasil yang didapat.

Tidak sampai di situ, kami juga melakukan validasi pendidikan dengan cara menanyakan langsung kepada pihak sekolah SMPN 267. Berikut adalah hasilnya.


c. Bukti pengisian 8355 di Google Docs

Inilah data yang telah Kami entry di google docs tentang 8355 pada kunjungan Rabu, 4 November 2015.



d. Pengukuran Kinerja

Berikut adalah hasil evaluasi dari volunteer (survei internal)

  • jumlah kehadiran tim lengkap
  • koordinasi dalam tim baik 
  • kehadiran tepat waktu
  • dalam kegiatan ini, semua anggota melakukan kegiatan dengan sangat baik.
Berikut adalah hasil evaluasi dari pihak sekolah: (survei eksternal)
  • tim yang hadir tepat waktu sesuai yang dijanjikan
  • tim berlaku sopan dan santun
  • tim menggunakan jaket almamater mahasiswa Binus
  • tim menggunakan pakaian yang sopan
  • semua anggota tim hadir dan menjalankan tugas dengan baik.
Saran dari sekolah:
Semoga verifikasi data 8355 yang telah dilakukan disampaikan ke dinas pendidikan agar dapat membantu siswa yang mendapat KJP.


3. Bagian Penutup

Hasil Kegiatan:
  • Hasil monitoring dan evaluasi dari data 8355 ke google docs: data telah diinput ke dalam google docs dan semua data sesuai & akurat.
  • Kesimpulan dari pengecekan 8355 : Data jumlah siswa 8355 yang ada di Sekolah tidak semua  sama dengan data yang di Dinas. Data ini tidak sama dikarenakan kurangnya pembaharuan informasi oleh Dinas dan pihak sekolah. Selain itu, adanya kesalahan dalam penginputan NIK siswa. 
  • Pelaksanaan setiap kegiatan: kegiatan dapat berlangsung dengan baik dan lancar karena kami disambut baik dengan pihak sekolah, dan mereka mendukung kegiatan ini. 
  • Next to do: Membuat laporan hasil kegiatan verifikasi KJP dan validasi 8355.
   Demikian blog ini kami buat untuk melaporkan hasil kegiatan yang telah kami lakukan guna memenuhi tugas mata kuliah Character Building: Professional Development. Semoga blog ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang bersangkutan. Atas perhatiannya, kami kelompok 9 kelas LF53 mengucapkan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar